Cara Merawat Komputer _ Berawal dari pengalaman pahit ketika terburu-buru dan ada sesuatu yang penting dengan penggunaan pc tapi ketika baru saja menekan tombol power eh ternyata setelah hampir beberapa menit ditunggu bios kok tidak mau tampil dilayar,nah loh?Setelah dicek ternyata power supplynya kena ulah usil dari cicak dasar tuh cicak gak pernah makan bangku sekolah hehe.Padahal itu adalah kedua kalinya saya dijaili cicak setelah sebelumnya mengalami kejadian yang sama.

Cara Merawat Komputer

Baca Juga:
Kalau dilihat dari segi materi sih memang gak seberapa tapi yang jadi soal adalah kepentingan kita untuk menggunakan perangkat tersebut.Nah setelah tragedi yang kedua tersebut kemudian saya mencari solusi bagaimana Cara Merawat Komputer agar aman dari gangguan penjahil-penjahil seperti cicak tersebut,lalu kemudian tanya sana tanya sini termasuk browsing mencari informasi di internet maka didapatlah ilmu yang bermanfaat itu.

Cara merawat hardware

Cara menjaga dan melakukan perawatan komputer pada hardware ternyata memang penting minimal sebulan sekali kita seharusnya menyempatkan dan meluangkan waktu untuk bercengkrama dengan gadget yang yang sering digunakan termasuk komputer ataupun laptop.Sama halnya pada perawatan motor dalam jangka 2-3 bulan kita kan harus service tuh?nah demikian pula pada gadget.

Untuk merawat hardware ini termasuk agar tidak masuk cecak seperti pengalaman yang pernah saya alami diatas adalah dengan menyimpan kamper didalam cashing cpu agar tercium bau yang tidak disukai binatang-binatang kecil bahkan saking traumanya saya menambahkan ram kawat yang lumayan kecil lubangnya dikipas blower pendingin power suplly (over protektif gak ya? hehe).

Sedangkan tujuan membuka cashing sebulan sekali adalah untuk membersihkan debu yang masuk dan menempel dimotherboard dan hardware lainya dengan menggunakan koas atau sapu-sapu halus atau bisa juga dengan meniupnya dengan kompresor tekanan rendah atau hair drayer juga mungkin bisa digunakan tuh.

Untuk lebih detailnya tentang cara merawat perangkat keras pada komputer adalah :

-Menggunakan STABILIZER dan UPS untuk menjaga tegangan arus listrik.
-Hidup dan matikan komputer secara wajar san jangan sekali-sekali langsung mencabut kabel listrik karena itu dapat membuat komputer HANG dan juga merusak POWER SUPLY komputer.
-Hindari komputer dari sengatan matahari secara langsung.
-Hindari air demi menghindari siraman air terhadap perangkat keras komputer.
-Hindari benda yang bersifat magnetis, terutama pada layar komputer.

Cara merawat software

-Hidup dan matikan komputer sesuai dengan prosedur yang benar
-Gunakan program antivirus dan lakukan scan untuk mencegah komputer dari virus malware jahat.
-Lakukan backup data secara berkala untuk menjaga keamanan data komputer.
-Untuk keamanan data gunakan selalu UPS dan STAVOL agar jika sewaktu-waktu aliran listrik  mati atau pemadaman .
-Lakukan penataan disk (hard disk drive) secara rutin.
-Sebaiknya tidak melakukan instalasi sistem aplikasi yang tidak dibutuhkan walaupun komputer masih mampu.

Cara Merawat Komputer ini bisa dilakukan untuk segala jenis os seperti windows 7,windows 8 ataupun xp.Semoga bermanfaat tips Cara Merawat Komputer dari Bisnis Kita Terbaru.