Burung cendet atau pentet dan jika orang priangan jawa barat menyebutnya manuk toed sudah lama dikenal sebagai peliharaan burung ocehan yang memiliki suara bagus dan khas meski termasuk golongan kelas receh kebawah dikalangan penghobi burung, meskipun burung ini bisa dikategorikan sebagai hewan pintar yang pandai menirukan suara bunyi-bunyian sama halnya seperti jenis kutilang, namun karena mungkin jenis burung pentet masih banyak terdapat dialam liar sehingga harganya murah tidak seberapa dibandingkan jenis burung lain yang sudah langka dan jarang ditemukan seperti anis ataupun murai yang harganya akan lebih mahal.

Suara burung cendet jantan yang sudah mapan dan banyak variasi materi full isian akan dihargai lebih mahal terlebih bagi yang sudah mendapatkan sertifikat dan piagam piala penghargaan sebagai juara pemenang pada berbagai event lomba. Tentunya hal itu dihasilkan dari sebuah kerja keras pemilik burung dalam memelihara ternaknya mulai dari memberi makan, memandikan, mengembunkan, menjemurkan hingga memutar mp3 sebagai masteran suara.

Ada terdapat beberapa jenis burung cendet diantaranya menurut wikipedia Bentet kelabu (bahasa Latin: Lanius schach) adalah spesies burung dari keluarga Laniidae, dari genus Lanius. Burung ini merupakan jenis burung pemakan belalang, kumbang, tonggeret, serangga besa dan memiliki habitat di daerah terbuka, padang rumput, perkebunan, tegalan. tersebar sampai ketinggian 1.600 m dpl. 

Ciri-ciri Bentet kelabu memiliki tubuh berukuran agak besar sekitar 25 cm. Warna hitam, coklat, putih. Ekor panjang. Dewasa: Dahi, topeng, ekor hitam. Sayap hitam berbintik putih. Mahkota dan tengkuk abu-abu. Punggung, tunggir, sisi tubuh coklat kemerahan. Dagu, tenggorokan, dada, perut tengah putih. Remaja: Warna lebih suram. Garis di sisi tubuh dan punggung. Kepala dan tengkuk lebih abu-abu. Iris coklat, paruh dan kaki hitam. Duduk pada tenggeran, mendadak menyambar serangga terbang atau di atas tanah. Sarang berbentuk cawan kuat, agak tidak rapih, dari batang rumput, serat dan akar halus. Telur berwarna putih, berbercak abu-abu dan coklat, jumlah 2-3 butir. Berbiak bulan Mei-Agustus, Mei-Juli.

Berikut ini adalah koleksi gambar foto burung cendet dalam fose berbagai emosi yang unik dan menarik sehingga terkesan lucu menggemaskan :

Foto Burung Cendet

Foto Burung Cendet Prianngan

Foto Burung Cendet Jawa Barat

Burung Cendet Muda Hutan

Burung Cendet Miyik

Burung Cendet

Burung Cendet Gacor

Burung Cendet Juara

Dan ini adalah video contoh burung #cendet jawa barat muda hutan sedang mulai belajar bunyi :