Hari Batik Nasional adalah hari perayaan nasional Indonesia untuk memperingati ditetapkannya batik sebagai Warisan Kemanusiaan untuk Budaya Lisan dan Nonbendawi (Masterpieces of the Oral and Intangible Heritage of Humanity) pada 2 Oktober 2009 oleh UNESCO.Pada tanggal ini,beragam lapisan masyarakat dari pejabat pemerintah dan pegawai BUMN hingga pelajar disarankan untuk mengenakan batik.

Batik Unik Bus

Pemilihan Hari Batik Nasional pada 2 Oktober berdasarkan keputusan UNESCO yaitu Badan PBB yang membidangi Pendidikan, Ilmu Pengetahuan dan Kebudayaan,yang secara resmi mengakui batik Indonesia sebagai warisan budaya dunia.UNESCO memasukkan batik dalam Daftar Representatif Budaya Tak benda Warisan Manusia.Pengakuan terhadap batik merupakan pengakuan internasional terhadap budaya Indonesia.

Batik Indonesia sudah terkenal mendunia,Bahkan telah ditetapkan UNESCO sebagai warisan Asli Indonesia.Kini batik banyak diminati,tak hanya untuk acara resmi tapi juga dipakai ke kantor atau sebagai busana kasual sehari-hari. Saat ini batik pun banyak mengalami perkembangan.Hampir seluruh daerah di Indonesia punya motif batik yang unik dan menarik.Banyak juga desainer muda yang meluncurkan produk batiknya dengan menyesuaikan tren mode dan selera masyarakat sehingga makin banyak yang suka mengenakan batik nasional.

Jika Anda ingin belanja batik murah dengan desain yang menarik (atau hanya ingin berpartisipasi di hari Batik Nasional tetapi belum punya batik) banyak lokasi di Indonesia yang menyediakannya salah satu produsen pabrik yang terkenal adalah kota Pekalongan.

Sejarah Hari Batik Nasional
Batik agar untuk mendapatkan pengakuan dunia,Indonesia mendaftarkan batik ke dalam daftar representatif budaya tak benda warisan manusia atau Representative List Of Intangible Cultural Heritage pada badan PBB yang membidangi pendidikan,ilmu pengetahuan dan budaya yaitu UNESCO.Pendaftaran dilakukan pada 3 September 2008.Kemudian berkasnya diterima secara resmi oleh UNESCO pada 9 Januari 2009.

Setelah batik di daftarkan maka dilakukan pengujian secara tertutup oleh UNESCO pada 11 – 14 Mei 2009 di Paris.Hingga pada akhirnya tanggal 2 Oktober 2009 UNESCO mengukuhkan batik sebagai warisan dunia dalam daftar representatif budaya tak benda warisan manusia di Abu Dhabi,Uni Emirat Arab.

Sejak saat itu setiap 2 Oktober diperingati sebagai Hari Batik Nasional.Sekarang negara Malaysia pun tak berani lagi mengklaim batik sebagai warisan budayanya.Alasan UNESCO mengakui batik sebagai warisan dunia dari Indonesia sendiri dikarenakan batik Indonesia memiliki banyak simbol yang berkaitan erat dengan kebudayaan lokal,status sosial,alam dan sejarah.

Banyak Tokoh Dunia Mengenakan Batik
Keindahan motif dan corak batik disukai oleh para tokoh di seluruh dunia.Bahkan mendiang Presiden Afrika Selatan Nelson Mandela konsisten mengenakan batik Indonesia pada berbagai kesempatan.Barack Obama juga pernah mengenakan batik Bali ketika menghadiri East Asia Summit Indonesia 2011 di Bali.

Bahkan Presiden Rusia Vladimir Putin dan Presiden China Xi Jinping juga mengenakan batik saat hadir dalam acara Kerjasama Ekonomi Asia Pasifik (APEC) pada 2013.Termasuk pendiri Google Sergey Brin yang mengenakan batik saat berkunjung ke Indonesia pada 2015 lalu.Sekarang batik sudah dikenal diseluruh dunia baik dari para pejabat sampai kalangan masyarakat biasa.

Tanggal 2 Oktober ditetapkan sebagai Hari Batik Nasional setelah Presiden Susilo Bambang Yudhoyono pada 17 November 2009 menerbitkan Keputusan Presiden No.33 Tahun 2009 tentang Hari Batik Nasional.Motif batik tidak selalu ditorehkan di atas busana saja.Lebih luas lagi motif batik dapat diaplikasikan diatas benda-benda yang lain,bahkan selain benda berbahan dasar kain sekalipun.Semua kalangan dari anak-anak,remaja,maupun dewasa dapat dengan leluasa menikmati keindahan motif batik ini pada benda-benda kesayangan kita.

Berikut ini adalah contoh dari jenis-jenis benda yang bertahtakan motif batik yang begitu cantik dan unik :

Batik Unik Gitar

Batik Unik Helm

Batik Unik Mobil

Batik Unik Sandal

Batik Unik Sepatu